Brand image Ellens Bridal menurut followers Instagram @Ellens_Bridal

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui brand image Ellens Bridal menurut para pengikut akun Instagram @Ellens_bridal. Dalam konteks marketing public relations (MPR), media sosial dianggap sebagai alat yang efektif untuk mempromosikan keunggulan produk atau jasa pada setiap tahap pemasaran, memikat calon konsumen, serta meningkatkan kepuasan pelanggan. Komunikasi pemasaran memiliki peran vital dalam membangun citra merek yang positif, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi persepsi konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah survey online dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuisioner yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan pengikut Instagram tersebut. Variabel utama yang diukur adalah brand image yang meliputi 4 indikator yaitu domain, reputation, affinity dan recognition. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua indikator berada pada status positif, dimana indikator recognition memiliki nilai rata-rata paling rendah dibandingkan indikator lainnya dengan nilai rata-rata sebesar 0.97. Sementara itu, indikator domain memiliki nilai rata-rata paling tinggi yaitu 1. Nilai rata-rata 0.97 pada indikator recognition menunjukkan bahwa meskipun mayoritas responden mengenali merek tersebut, ada sejumlah responden yang belum sepenuhnya mengenali atau mengingat Ellens Bridal saat membicarakan jasa bridal. Di sisi lain, nilai sempurna pada indikator domain menunjukkan bahwa Ellens Bridal berhasil memperluas cakupan produk dan menegaskan diferensiasi mereka dalam industri bridal. Melalui strategi pemasaran di Instagram, mereka menampilkan keunikan layanan dan desain elegan, sehingga memperkuat citra Ellens Bridal sebagai penyedia jasa bridal terkemuka di Balikpapan.

BRENDA OLIVIA SETIAWAN Inri Inggrit (Advisor 1); Astri Yogatama (Advisor 2); Gatut Priyowidodo (Examination Committee 1); Agusly Irawan Aritonang, S.Sos., M.A. (Examination Committee 2) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 10011963/KOM/2024; Brenda Olivia Setiawan (F11200032) BRAND NAME PRODUCTS; SOCIAL MEDIA--MARKETING

Files