Pada skripsi ini, dilakukan penelitian dengan latar belakang dalam menentukan kemajuan dan keefektifan dari media virtual dalam menyampaikan informasi. Penelitian ini dilakukan melalui pembuatan aplikasi freeroam ditambah dengan beberapa game yang bisa digunakan orang untuk menjelajahi tempat, dengan tempat yang ditentukan ialah perpustakaan UKP. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Unreal Engine 5 untuk memprogram serta mengimplementasikan game. Blender digunakan dalam pembuatan 3D model dari struktur gedung perpustakaan, serta sumber pihak ketiga lainnya untuk mendapatkan model, tekstur, dan animasi yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini. Pengetesan aplikasi kemudian dilakukan dengan beberapa peserta dalam menentukan efektivitas dari aplikasi dalam memperkenalkan orang kepada perpustakaan UKP, dimana dari segi model sudah dianggap cukup memenuhi sebesar 100%. Sesuai masukan responden, aspek game mode dari aplikasi tersebut bisa dikembangkan lagi untuk lebih menarik perhatian dari pengguna aplikasi.