Game online sendiri merupakan salah satu produk yang telah dihasilkan oleh kemajuan perkembangan teknologi yang semakin canggih, khususnya teknologi komputer dan internet. Dari kegiatan bermain game online, berkembang menjadi olahraga yang sangat diminati oleh masyarakat, khususnya masyarakat kalangan remaja. Esports telah menjadi pembicaraan cukup hangat di berbagai kalangan khususnya pada kalangan remaja. Esport di Indonesia sendiri memiliki perkembangan yang cukup pesat setiap tahunnya. Sehingga E-sport Training Center dirancang dengan tujuan menjadi sebuah wadah atau tempat bagi para masyarakat, khususnya masyarakat kalangan remaja untuk mengembangkan talenta yang telah dimiliki. Pada e-sport training center, para masyarakat akan diberikan sebuah pendidikan, pelatihan, pengalaman, dan pengarahan tentang e-sport agar dapat terhindar dari permasalahan-permasalahan dalam dunia e-sport yaitu kesehatan mental dan cedera fisik (mata). Target khusus dari e-sport training center adalah masyarakat umum tingkat remaja yang telah lulus atau tamat pendidikan formal 12 Tahun hingga umur 25 tahun. Hal yang diinginkan untuk dicapai dari e-sport training center adalah bangunan dapat menjadi penunjang dalam mengembangkan e-sport di kota Surabaya dan sekitarnya. Bangunan e-sport training center akan didesain dengan pendekatan pencahayaan yang dapat mengatasi permasalahan-permasalahan dari kesehatan mental dan cedera fisik yang sangat umum dan sering terjadi di dunia e-sport. Dalam pendekatan pencahayaan pada bangunan akan fokus dalam melibatkan psikologi dan kenyamanan visual dengan desain ruang dalam dan alam disekitarnya. Dengan adanya perancangan e-sport training center di Surabaya ini diharapkan akan dapat membantu dalam perkembangan e-sport kota Surabaya.