Identifikasi faktor keterlambatan pemenuhan pesanan konsumen PT. Intidaya Dinamika Sejati

PT. Intidaya Dinamika Sejati mengalami masalah keterlambatan dalam pemenuhan pesanan yang berdampak pada kepuasan pelanggan dan reputasi perusahaan. Layanan perusahaan bagi konsumen terbagi menjadi tiga kategori: service (86,4%), penjualan komponen (10,2%), dan penjualan barang (3,4%). Mayoritas keterlambatan terjadi pada layanan service, memerlukan analisis lebih lanjut untuk mengetahui faktor-faktor penyebabnya. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab keterlambatan. Penyebab keterlambatan disebabkan oleh tiga faktor utama: manusia, material, dan metode. Keterlambatan staf admin dalam mengunggah Sales Order dan kurangnya keterampilan staf engineering memperlambat proses perbaikan. Selain itu, keterlambatan material dari pemasok dan metode kerja yang tidak efisien, seperti penjadwalan yang tidak optimal, juga berkontribusi pada masalah ini. Pengolahan data dianalisis menggunakan Microsoft Excel untuk menghitung persentase dan menilai tren keterlambatan di setiap kategori. Setelah itu, dashboard dibuat berdasarkan hasil pengolahan data tersebut, yang digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor keterlambatan secara visual, sehingga mempermudah pemantauan dan analisis data secara langsung. Dengan pembersihan dan klasifikasi, dashboard ini dapat membantu manajemen dalam pengambilan keputusan dan diharapkan dapat meningkatkan kinerja operasional perusahaan secara keseluruhan.

GABRIELA AYU MAGDALENA Tanti Octavia (Advisor 1); Herri Christian Palit (Examination Committee 1); Debora Anne Yang Aysia (Examination Committee 2) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 03022683/IND/2024; Gabriela ayu magdalena (C13200049) DASHBOARDS (MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS); INDUSTRIAL MANAGEMENT; TIME STUDY; ORDER PICKING SYSTEMS

Files