Perbandingan rancangan parkir ditinjau dari kemudahan melakukan manuver: studi kasus di UK Petra

Mahasiswa UK Petra bertambah setiap tahunnya, sedangkan kapasitas lahan
parkir mobil cenderung tetap, sehingga terjadi ketidakseimbangan antara
kebutuhan dengan ketersediaan lahan. Jika kebutuhan lahan dipenuhi dengan
mempersempit petak menimbulkan ketidakpuasan bagi pihak pengguna.
Penelitian bertujuan mengusulkan standar petak parkir optimum.
Survey yang dilakukan berupa pengamatan lama manuver parkir dan penyebaran
kuesioner kepada mahasiswa. Dari survey lama manuver didapatkan waktu yang
dibutuhkan melakukan manuver. Dari kuesioner diketahui tingkat kepuasan
terhadap petak parkir. Digunakan analisa chi-square untuk mendapatkan faktor
yang saling berpengaruh antara karakteristik mobil, pengemudi dan petak. Untuk
menentukan desain petak parkir optimum digunakan analisa ANOVA (General
Linear Model).
Berdasarkan hasil analisa disimpulkan bahwa dari segi karakteristik petak, faktor
yang sangat mempengaruhi lama manuver untuk sudut 45? adalah lebar petak dan
untuk sudut 90? adalah lebar aisle. Desain petak parkir optimum untuk sudut 45?
dipilih lebar petak 3.6 m dengan aisle 3.2 m sedangkan untuk 90? dipilih lebar
petak 2.2 m dengan aisle 5.4 m.

AMBAR WAHYU PERTIWI; MYRNA RACELLY SUTIOSO Rudy Setiawan (Advisor 1); Harry Patmadjaja (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 1296/SIP/2003; Ambar Wahyu Pertiwi 921499132), Myrna Racelly Sutioso (21499196) PARKING GARAGES-DESIGN AND CONSTRUCTION; PARKING LOTS--DESIGN AND CONSTRUCTION; AUTOMATOMOBILE PARKING AND CONSTRUCTION; CAMPUS PARKING-DESIGN AND CONSTRUCTION

Files