Implementasi sistem insentif dan pemesanan barang menggunakan gamification pada aplikasi salesman CV X

Penelitian ini menghadirkan aplikasi salesman berbasis mobile yang ditujukan untuk CV X dalam mengatasi masalah kunjungan salesman, maupun meningkatkan kepuasan, keterlibatan, dan motivasi salesman dalam meningkatkan performa penjualan. Penelitian ini dirancang untuk memfasilitasi salesman CV X dalam melakukan kunjungan, pencatatan pesanan barang, dan sistem insentif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Gamification dimana metode ini mengimplementasi elemen-elemen dalam game ke dalam dunia nyata. Elemen-elemen game yang digunakan adalah sebagai berikut misi, poin, hadiah, rating, badge, dan leaderboard. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi ini bisa dikatakan cukup berhasil dalam mengatasi masalah kunjungan salesman, maupun meningkatkan kepuasan, keterlibatan, dan motivasi salesman. Evaluasi aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) yang menghasilkan skor rata-rata 75, yang termasuk dalam kategori “Good”. Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan tidak hanya efektif dalam mendukung proses kunjungan dan pencatatan pesanan, tetapi juga mampu meningkatkan kenyamanan dan motivasi para salesman dalam menjalankan tugas mereka. Dengan demikian, penerapan elemen gamifikasi terbukti memberikan dampak positif dalam meningkatkan performa penjualan di CV X.

VINCENTIUS ACTONIO Yulia (Advisor 1); ANITA NATHANIA PURBOWO, S.KOM. (Advisor 2); Alexander Setiawan (Examination Committee 1); Stephanus A. Ananda, S.T., M.Sc. Ph.D. (Examination Committee 2) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 01022752/INF/2025; Vincentius Actonio (C14210213) APPLICATION SOFTWARE--DEVELOPMENT--COMPUTER PROGRAMS; TRAVELING-SALESMAN PROBLEM; GAMIFICATION

Files