Pengaruh live streaming content terhadap impulsive buying dengan consumer trust sebagai variabel intervening produk skincare “Somethinc”

Perubahan gaya hidup telah meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan kecantikan kulit, serta permintaan terhadap kosmetik termasuk produk perawatan kulit semakin meningkat. Hubungan live streaming dengan pembelian impulsif adalah live streamer dapat menciptakan ilusi kelangkaan, sedangkan hubungan antara live streaming dengan kepercayaan konsumen yaitu live streaming dianggap menarik karena jika siaran live streaming telah selesai dapat diputar kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh live streaming content terhadap impulsive buying dengan consumer trust sebagai variabel intervening produk skincare “somethinc”. Penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan software Smart PLS (Partial Least Square) dengan data dari 141 responden terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa live streaming content tidak berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying produk skincare “somethinc”, consumer trust berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying produk skincare “somethinc”, serta consumer trust mampu memediasi pengaruh live streaming content terhadap impulsive buying produk skincare “somethinc”. Saran kepada perusahaan dapat mempertahankan dan terus meningkatkan consumer trust dengan menjaga kualitas produk, memberikan pelayanan terbaik, membagikan testimonial atau ulasan dari pelanggan yang puas dengan produk yang ditawarkan. Serta dapat digunakan di penelitian selanjutnya.

MELLYNDA MONICA PUTRI Edwin Japarianto (Advisor 1); Trixie Nova Bella Tandijaya, S.M., M.M. (Advisor 2); Hatane Semuel (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 36020974/MAN/2024; Mellynda Monica Putri (D11210494) CONSUMERS RESEARCH; PURCHASING--DECISION MAKING; LIVE STREAMING

Files