Studi banding penggunaan header tipe 4-2-1 dan 4-1 terhadap unjuk kerja motor bensin

Ada beberapa mekanik otomobil yang mengganti exhaust manifold
standart dengan exhaust manifold racing atau header, baik yang bertipe 4-1
maupun 4-2-1 pada motor bakar bensin agar torsi dan daya yang dihasilkan
meningkat. Namun selama ini tidak diketahui seberapa besar perbedaan yang
dihasilkan dari hasil modifikasi ini terhadap performansi motor bakar bensin
tersebut. Oleh karena itu dilakukan studi literatur mengenai saluran buang dan
dilakukan penelitian tentang dampak penggantian exhaust manifold. Hasil
penilitian menunjukkan bahwa pada header 4-2-1 torsi meningkat 5.3%, daya naik
5.2%, kadar CO naik 13.3%, kadar HC turun 24,3%, dan konsumsi bahan bakar
spesifik naik 9.2%. Header 4-1 torsi meningkat 5.4%, daya naik 5.2%, kadar CO
turun 1.006%, kadar HC turun 28.15%, dan konsumsi bahan bakar spesifik naik
0.7%.

HADI SUSANTO Philip Kristanto Tedjasaputra (Advisor 1); Ekadewi Anggraini Handoyo (Advisor 2); Ian Hardianto Siahaan (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No.020668/MES/2005; Hadi Susanto (24400081) GAS-RESEARCH; INTERNAL COMBUSTION ENGINES-RESEARCH

Files