Pameran sebagai aspek pendukung citra sebuah produk: studi kasus mengenai unsur visual pada penataan stan pameran Jakarta Motor Show 2002 di Jakarta Convention Center, Jakarta

Penataan stan pameran merupakan salah satu upaya untuk menata dan
menyampaikan informasi tentang sebuah produk. Setiap ruang pamer harus dapat
menampilkan karakter dan tema yang akan diambil untuk memberikan kesan dan
suasana tertentu. Untuk dapat merasakan itu pengunjung tentu memerlukan media
berupa unsur visual yang dapat dilihat secara kasat mata dan dapat diamati, antara
lain melalui garis, bentuk, warna, bahan, tekstur, dan pencahayaan yang
diterapkan pada elemen-elemen interior seperti lantai, dinding, konstruksi stan,
pylon, specboard, dan information desk. Untuk membantu mengembangkan dan
perpertahankan kesan dan keteraturan visual diantara elemen-elemen desain
diperlukan prinsip-prinsip desain sebagai bahan acuan, seperti proporsi, skala,
keseimbangan, harmoni, kesatuan, irama, dan penekanan. Oleh karena itu dalam
perancangan stan pameran diperlukan perencanaan yang matang agar penataan
visualnya sesuai dengan karakter dan tema suatu produk dari perusahaan dan
membantu membentuk citra (image) perusahaan sebagai peserta pameran.

NINIK HERAWATI Adi Santosa (Advisor 1); J. Loekito Kartono (Advisor and Examination Committee) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 0058/DIN/2003; Ninik Herawati (41498107) INTERIOR DECORATION

Files