Masalah lingkungan harus segera diatasi. Kesadaran manusia terhadap lingkungan semakin berkurang. Sehingga perusahaan-perusahaan dituntut menggunakan strategi untuk menyelamatkan lingkungan dan bertanggung jawab atas pengaliran limbah cair, bahan pengemas, penanganan limbah serta kegiatan-kegiatan mereka lainnya yang mempengaruhi lingkungan hidup dengan tetap memberikan keuntungan yang kompetitif.
AQUA adalah salah satu produk air mineral yang masih tetap bertahan hingga saat ini. Melihat masalah lingkungan yang daftarnya semakin besar, AQUA mencoba untuk berperan serta dalam mengatasi masalah lingkungan tersebut dengan program green marketingnya yang lebih dikenal dengan `Program Peduli AQUA'.
Pada penulisan ini, ingin menganalisa sikap dan perilaku konsumen terhadap air mineral merek AQUA yang ramah lingkungan tersebut. Populasi yang digunakan dalam penulisan ini adalah kawasan Surabaya Timur. Menurut BPS 2000 Surabaya Timur merupakan kawasan terpadat di kota Surabaya sehingga dapat mewakili sikap dan perilaku konsumen dalam mengkonsumsi air mineral merek AQUA, dan dikhususkan pada konsumen yang berlangganan AQUA ukuran 19 liter.