Penggunaan SOV (Single Occupant Vehicles) ke kampus merupakan sarana yang kurang diharapkan oleh UK Petra karena meningkatkan kebutuhan akan lahan parkir. UK Petra menyediakan lahan parkir di dalam lingkungan kampus sebagai sarana penunjang, namun kapasitas lahan parkir yang disediakan tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan akan lahan parkir. Selain menambah lahan parkir diperlukan suatu solusi alternatif yang mampu mengatur kebutuhan akan lahan parkir dari segi manajemen parkir. Manajemen parkir merupakan suatu bagian dari Transportation Demand Management yang merupakan suatu cara yang mengendalikan kebutuhan untuk melakukan perjalanan. Di dalam manajemen parkir terdapat Parking pricing, HOV Priority, Remote Parking Area,dan lain-lain. Sejumlah data didapatkan dengan penyebaran questioner dan pelaksanaan survey lalu lintas. Dari hasil analisa data, didapatkan bahwa pemberian perbedaan fasilitas parkir antara pengguna SOV dan HOV (High Occupant Vehicles) serta penerapan kebijakan lahan parkir UK Petra hanya diperuntukkan bagi pengguna
HOV memberikan dampak perubahan yang signifikan terhadap pengguna SOV untuk berubah menjadi pengguna HOV.