Perancangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Bantu Belajar Membaca Untuk Anak Dengan Disleksia

Buku cerita bergambar ini dirancang dengan tujuan membantu orang tua serta guru untuk membimbing anak dengan disleksia dalam tahap awal membaca. Ketersediaan media belajar bagi anak dengan disleksia di Indonesia masih sangat terbatas walaupun diperkirakan sekitar 10 persen dari anak Indonesia menyandang disleksia. Metode Perancangan akan dilakukan dengan mempertimbangkan data primer yang diperoleh melalui studi literatur serta data sekunder melalui wawancara psikolog dan praktisi. Penulis merancang buku cerita dengan memperhatikan tiga faktor. Faktor pertama adalah kenyamanan membaca yang terkait dengan jenis dan ukuran font, ilustrasi, sistem spacing, sistem alignment, warna dan juga bahasa dalam kata atau kalimat sederhana. Faktor kedua adalah dukungan motivasi anak dengan disleksia dan faktor ketiga adalah dukungan pembelajaran multisensorik yang menyenangkan. Rancangan media diujicobakan dalam skala kecil dengan bantuan praktisi yang menangani anak dengan disleksia sebagai evaluasi akhir. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa media buku yang dirancang secara khusus bagi anak dengan disleksia dapat membantu anak belajar mengenali huruf dan membaca.

DIONISIUS CHRISTOPHER DJANUAR Listia (Advisor 1); BERNADETTE DIAN ARINI MAER, S.SN.,MA. (Advisor 1); Andrian Dektisa Hagijanto (Examination Committee 1); Luri Renaningtyas (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Book/Buku Skripsi No. 00024146/DKV/2024; Dionisius Christopher Djanuar (E12200122) Unknown

Files