Perancangan kampanye media sosial untuk meningkatkan awareness terhadap metode upcycling pakaian pada wanita surabaya usia 16-24 tahun

Fenomena fast fashion yang marak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan, seperti pencemaran limbah tekstil dan eksploitasi sumber daya alam. Kurangnya edukasi publik tentang bahaya fast fashion memperparah kondisi ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya fast fashion dan solusi upcycling melalui kampanye media sosial Oopsycle. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan dengan pakar lingkungan, fashion, dan media sosial, serta masyarakat umum yang familiar dengan fast fashion. Observasi dilakukan pada kegiatan kampanye media sosial Oopsycle dan aktivitas upcycling. Kampanye media sosial Oopsycle diharapkan efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya fast fashion dan solusi upcycling. Diharapkan penelitian ini dapat berkontribusi dalam mengatasi permasalahan fast fashion dan mendorong masyarakat untuk beralih ke alternatif yang lebih berkelanjutan.

ZEFANYA KYNA Vanessa Yusuf (Advisor 1); Mendy Hosana Malkisedek (Advisor 2); Ani Wijayanti Suhartono (Examination Committee 1); Rebecca Milka Natalia Basuki (Examination Committee 2) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Kampanye Sosial Skripsi No. 00024164/DKV/2024; Zefanya Kyna (E12200154) ADVERTISING CAMPAIGNS; FASHION; GRAPHIC ARTS; VISUAL COMMUNICATION; UPCYCLING (WASTE, ETC.)

Files