Pengaruh social media marketing terhadap purchase decision dengan e-wom (electronic word of mouth) dan sikap fomo (fear of missing out) sebagai variabel mediasi pada produk inovatif Crocs

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran media sosial yang terus berubah seiring perkembangan zaman. Produk inovatif Crocs yang sedang menjadi tren saat ini cukup mengundang perhatian pengguna internet khususnya terkait dengan perilaku pembelian keputusan. Penelitian ini juga akan memberikan pemahaman tentang apa saja faktor pengambilan keputusan terkait pembelian produk inovatif ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei dan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampelnya. Populasi dari penelitian ini ialah merupakan penggemar dan pengguna produk inovatif Crocs yang aktif dalam media sosial dengan rentang usia 17-40 tahun. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluas-luasnya secara khusus yang aktif dalam media sosial dengan melibatkan sampel yang terkumpul sebesar 109 responden. Teknik pengolahan data menggunakan software Smart PLS 4.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa produk inovatif Crocs, Social Media Marketing dan Electronic Word of Mouth berpengaruh secara signifikan terhadap Purchase Decision, sementara Fear of Missing Out tidak berpengaruh signifikan terhadap Purchase Decision.

LIZA PERDANA TANZIL Maria Praptiningsih, S.E., M.Sc.FE. (Advisor 1); Dhyah Harjanti (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 31012605/MAN/2024; Liza Perdana Tanzil (D11200320) CONSUMER BEHAVIOR; CONSUMERS--RESEARCH; SOCIAL MEDIA--MARKETING

Files