Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) saat ini memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sekitar 61,97%. Penelitian perancangan produk interior dengan pendekatan budaya untuk Bengkel Kriya Daun 9996 merupakan respons proaktif terhadap dinamika globalisasi. Fokus pada pengembangan produk dengan pendekatan budaya bertujuan memberikan nilai tambah, memperkuat daya saing UMKM, dan mempertahankan nilai budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan cara mengembangkan produk interior dengan pendekatan budaya yang tepat untuk Bengkel Kriya Daun 9996. Metode yang digunakan adalah metode perancangan design thinking dengan 5 tahapan: understand, observe, point of view, ideate, prototype dan test. Penelitian ini akan menghasilkan prototipe produk untuk bengkel kriya beserta dengan laporan proyek yang diharapkan dapat menjadi landasan bagi pengembangan UMKM di Indonesia secara keseluruhan. Dengan fokus pada pelestarian budaya melalui produk interior, diharapkan pula penelitian ini dapat memicu pertumbuhan ekonomi sekaligus mendukung pelestarian budaya lokal yang semakin terancam.