Analisis perubahan logo Zara dan kaitannya dengan strategi brand Zara

Branding merupakan proses dalam membangun identitas dari sebuah brand. Identitas dari sebuah brand dapat dilihat dari berbagai macam aspek, salah satunya adalah dari logo. Logo merupakan elemen grafis yang berbentuk simbol, ikon, tanda yang digunakan sebagai lambang sebuah brand. Logo juga menggambarkan identitas sebuah brand jika diibaratkan dengan seseorang, logo merupakan wajah dari seseorang. Sama seperti logo yang mewakili sebuah brand di mana kita dapat mengenali bagaimana wujud brand tersebut, lalu bagaimana dengan karakter brand, kualitas produknya, dan lain sebagainya. Namun seiring dengan berkembangnya zaman dan bertambahnya kebutuhan komunikasi secara visual, tidak menutup kemungkinan bagi sebuah brand untuk melakukan perubahan logo. Salah satu brand yang telah melakukan beberapa kali perubahan terhadap logonya adalah Zara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang fokus pada permasalahan dan dilakukan dengan cara wawancara, observasi, atau mempelajari dokumen-dokumen terkait. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai branding, brand, tren fashion, tren desain grafis, dan logo. Setelah melakukan penelitian mengenai kaitan tren fashion, tren desain grafis, dan tren tipografi dengan perubahan logo zara dan keterkaitannya dengan strategi brand Zara, dapat dilihat bahwa perubahan logo Zara tidak berkaitan dengan strategi brand Zara.

ELIZABETH IVONE LEUW Cindy Muljosumarto S.Sn, M.D. (Advisor 1); Mega Ekklesia Putrihadi, S.Sn., M.M. (Advisor 1); Daniel Kurniawan, S.Sn., M.Med.Com (Examination Committee 1); Ryan Pratama Sutanto, S.Sn., M.Med.Com (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 00024141/DKV/2024; Elizabeth Ivone Leuw (E12200114) BRANDING (MARKETING); GRAPHIC ARTS; LOGOS (SYMBOLS)--DESIGN; VISUAL COMMUNICATION

Files