Media sosial merupakan sebuah platform digital yang digunakan oleh semua orang di dunia saat ini. Hal ini membuat kebutuhan promosi bisnis-bisnis sekarang menjadi semakin penting dalam harus menarik perhatian audiens yang semakin terbiasa dengan visual yang menarik. Penelitian ini menganalisis efektivitas penerapan metode color grading dalam proyek video untuk media sosial serta potensinya sebagai strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas suatu video media sosial dengan menggunakan alat seadanya seperti kamera handphone. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dapat diamati dan dianalisis hasil dari penerapan metode color grading pada beberapa proyek video media sosial. Hasil ini dapat menunjukkan bahwa penerapan metode ini dapat secara signifikan meningkatkan kualitas visual video, menambahkan nilai artistik, dan meningkatkan daya tarik video bagi audiens. Analisis ini juga mengungkapkan tantangan dan pertimbangan praktis dalam mengimplementasikan metode color grading dalam konteks produksi video untuk media sosial. Penelitian ini memberikan panduan berharga bagi pembuat konten dalam meningkatkan kualitas visual dari konten video yang diproduksi untuk platform media sosial.