Membaca ego ideal dalam retouching: studi kasus foto produk untuk media sosial Instagram Post

Penelitian bertujuan untuk memahami konsep ego ideal yang digunakan untuk menganalisis praktik retouching pada foto produk untuk Instagram Anita Spiku. Dalam penelitian tersebut, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan memanfaatkan metode studi komparasi dan semiotika yang didasarkan pada teori ego ideal. Fokus utama dari penelitian ini adalah pada proyek yang dikerjakan untuk Anita Spiku, yang merupakan klien dari Digital Agency Oliva. Proyek ini khususnya berkaitan dengan proses retouching yang diterapkan pada foto-foto produk mereka sebelum diunggah ke platform Instagram. Melalui pendekatan semiotika, penelitian ini berfokus pada bagaimana tanda-tanda visual yang hadir dalam foto produk dapat mengkomunikasikan nilai-nilai yang sesuai dengan konsep ego ideal editor. Dengan mengadopsi teori psikoanalisis Freud, penelitian ini menggali bagaimana proses retouching tidak hanya meningkatkan kualitas visual tetapi juga mencerminkan 'ego ideal' dari editor, di mana upaya dari editor untuk menciptakan gambar yang sempurna dilakukan editor agar terlihat lebih profesional dan terpercaya.

CHRISTOPHER ALLAN KURNIAWAN Andrian Dektisa Hagijanto (Advisor 1); Anang Tri Wahyudi (Advisor 2); Elisabeth Christine Yuwono (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 00024079/DKV/2024; Christopher Allan Kurniawan (E12200022) BRANDING (MARKETING); INSTAGRAM (ELECTRONIC RESOURCE); PHOTOGRAPHY; SOCIAL MEDIA--MARKETING

Files