Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis arti, makna, persepsi, dan faktor pendorong kepuasan kerja bagi karyawan bagian keuangan yang bekerja untuk kedua hotel sekaligus, yaitu Hotel Ibis dan Mercure Samarinda. Penelitian ini dilakukan dengan observasi langsung oleh peneliti selama empat bulan dan wawancara mendalam secara tatap muka dengan tiga karyawan bagian keuangan di kedua hotel tersebut. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode triangulasi berdasarkan pada teori-teori kepuasan kerja, dengan menggunakan pendekatan secara aspek dan secara global. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa arti dan makna kepuasan kerja bagi karyawan keuangan di Hotel Ibis dan Mercure Samarinda adalah keseimbangan antara apa yang diberikan dan diterima oleh karyawan dalam pekerjaannya, diukur dari ekspektasi karyawan terhadap apa yang dianggap penting olehnya. Persepsi karyawan keuangan Hotel Ibis dan Mercure Samarinda terhadap tingkat kepuasan kerja yang mereka alami adalah puas saja, tidak puas sekali. Faktor-faktor pendorong kepuasan kerja pada karyawan keuangan di Hotel Ibis dan Mercure Samarinda adalah lingkungan dan hubungan kerja yang baik, pengakuan terhadap usaha ekstra yang dilakukan, keamanan, dan keseimbangan hidup.