Pengaruh perceived credibility, perceived usefulness, perceived ease of use terhadap consumer purchase intention pada live streaming Tiktok melalui consumer trust sebagai variabel mediasi di era endemi Covid-19

Pandemi COVID-19 telah mengubah perilaku konsumen secara signifikan, menyebabkan
lonjakan aktivitas online dan e-commerce. Akibatnya, platform live streaming seperti TikTok
mendapatkan popularitas luar biasa sebagai sarana bagi bisnis untuk menjangkau audiens target
mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan mengumpulkan data melalui
kuesioner online yang melibatkan 237 responden. Data yang dikumpulkan dianalisis
menggunakan Partial Least Square untuk menguji hubungan antar variabel. Temuan penelitian
ini menunjukkan bahwa perceived credibility dan perceived ease of use berpengaruh signifikan
terhadap consumer purchase intention, sedangkan perceived usefulness tidak berpengaruh
secara signifikan terhadap consumer purchase intention. Akan tetapi, consumer trust mampu
memediasi perceived usefulness dan perceived credibility dalam memengaruhi consumer
purchase intention secara kuat dan signifikan.

STEVEN YOSIA ALEXANDER Fransisca Andreani (Advisor 1); Maria Praptiningsih, S.E., M.Sc.FE. (Examination Committee 1); Nony Kezia Marchyta, S.E., M.M. (Examination Committee 2) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 31012416/MAN/2023; Steven Yosia Alexander (D11190146) CONSUMER BEHAVIOR; ELECTRONIC COMMERCE; CONSUMERS--RESEARCH

Files