Pengaruh penguatan positif terhadap sikap perhatian murid kelas 1 sekolah dasar

Sikap perhatian murid atau dikenal dengan sebutan “attentiveness” adalah sikap yang
ditunjukkan murid untuk memusatkan konsentrasi dan fokus pada pembelajaran yang
berlangsung. Pemberian penguatan positif dapat diterapkan
melalui manajemen guru di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara
penguatan positif terhadap sikap perhatian murid kelas 1 SD.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Eksperimen Kuasi Posttest-Only. Data
penelitian diperoleh melalui lembar observasi serta 10 item kuisioner mengenai sikap perhatian
murid yang diadaptasi dari buku Psikologi Belajar yang ditulis oleh Syaiful Bahri Djamarah (2011).
Kuesioner diberikan kepada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sesudah pemberian
perlakuan dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Uji hipotesis penelitian menggunakan Uji
Independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan positif
berpengaruh terhadap sikap perhatian murid kelas 1 sekolah dasar dengan nilai sig. 2-tailed
sebesar 0,027 (p < 0,05).

AMELIA PARAMITHA DEWI PUTRI Romirio Torang Purba, S.Pd., M.Pd. (Advisor 1); Dani Puspitasari, S.Pd., M.A., Ph.D. (Examination Committee 1); Iman Subekti S.Pd.,M.Pd. (Examination Committee 2) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 00010005/PGSD/2023; Amelia Paramitha Dewi Putri (G11190002) EFFECTIVE TEACHING; STUDENT-CENTERED LEARNING; TEACHER-STUDENT RELATIONSHIPS; LEARNING PROCESS; STUDENTS--ATTITUDES

Files