Studi tentang weighting scale pada QFD product dan QFD service

Perusahaan manufaktur maupun jasa dalam meningkatkan kualitas
produk atau layanannya dengan menggunakan metode QFD, seringkali
menggunakan weighting scale 1-3-9 dalam perhitungan bobot kolom. Padahal
masih ada weighting scale lain yang mungkin bisa digunakan, seperti misalnya
1-2-3, 1-2-4, 1-3-5, 1-4-7, dan 1-4-16 (Jong, Kwang, 2000). Tujuan studi ini
adalah untuk mengetahui adanya perubahan technical importance ratings pada
product dan service, mengetahui perubahan mana yang lebih banyak terjadi antara
product dan service, serta mengetahui apakah hasil penelitian mendukung teori
adanya perubahan dalam jurnal tersebut atau tidak.
Pembuatan HoQ product dan HoQ service ini melibatkan suara
konsumen yang dikumpulkan melalui kuesioner, kemudian dihubungkan dengan
parameter-parameter teknis dari pihak industri. Selanjutnya dilakukan perhitungan
bobot kolom dengan menggunakan weighting scale yang berbeda serta pengujian
korelasi rank Kendall?s tau.
Hasil dari studi ini menunjukkan tidak adanya perubahan technical
importance ratings yang terjadi pada respon teknis product dan juga service,
setelah melalui pengujian korelasi rank. Selain itu antara kasus product dan kasus
service ini tidak ada yang menunjukkan perubahan mana yang lebih banyak
sehingga hasil penelitian yang didapat tidak mendukung teori dalam jurnal.

ELLYZABET THERESIA G Henry Pribadi (Advisor 1); Jani Rahardjo (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 02011152/IND/2007; Ellyzabet Theresia Goenawan (25403014) QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT; QUALITY CONTROL

Files