Analisis pengaruh pricing strategy terhadap competitive advantage dan financial performance pada UMKM yang terdaftar di e-commerce Tokopedia

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pricing strategy yang menjadi faktor penentu terciptanya competitive advantage dan dampaknya pada financial performance bagi Small Medium Enterprise (SME) di Indonesia yang menggunakan platform E-commerce Tokopedia selama masa pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini, survei berbasis kuesioner dilakukan untuk mengumpulkan data SME yang terdaftar di platform e-commerce Tokopedia. Penelitian ini menggunakan cross-sectional data dan akan dianalisis menggunakan software WarpPLS 5.0.
Penelitian ini menemukan bahwa pricing strategy berpengaruh positif dan signifikan pada competitive advantage dan financial performance. Competitive advantage berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial performance. Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa pricing strategy berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial performance melalui competitive advantage. Namun, model terbaik dalam penelitian ini adalah pengaruh langsung dari pricing strategy terhadap financial performance dan pengaruh langsung competitive advantage terhadap financial performance.

AVEVELIN KEZIA GIHON; VANIA PRISCILLA Devie (Advisor 1); Juniarti (Examination Committee 1); Dr. Yulius Jogi Christiawan, S.E., M.Si., Ak. (Examination Committee 2); Hendri Kwistianus, S.E., M.M. (Examination Committee 3) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 32011633/AKT/2021; Avevelin Kezia Gihon (D12170011), Vania Priscilla (D12170016) SMALL BUSINESS--FINANCE; SMALL BUSINESS

Files