Perbandingan unjuk kerja dari studi eksperimen tentang katup diafragma dan katup kupu-kupu

Dalam pemilihan kendaraan bermotor, banyak hal yang perlu
dipertimbangkan, antara lain model, kebutuhan, dan performa dari mesin. Salah satu
faktor yang mempengaruhi performa mesin dari suatu kendaraan bermotor adalah
bentuk atau model throttle valve-nya. Pengembangan untuk meningkatkan performa
motor bakar yang dilakukan oleh PT. Fuboru, salah satunya adalah dengan membuat
katup diafragma yang diduga menghasilkan hambatan udara yang lebih kecil,
sehingga memiliki kinerja yang lebih baik dibanding katup kupu-kupu yang selama
ini biasa digunakan pada mesin kendaraan bermotor. Untuk mengetahui profil
distribusi tekanan dan distribusi kecepatan, pada kedua katup akan diuji dalam
terowongan angin. Dari hasil tugas akhir ini disimpulkan bahwa katup diafragma
memiliki hambatan udara yang lebih kecil dibanding katup kupu-kupu.

LOUIS WIJAYA Ekadewi Anggraini Handoyo (Advisor 1); Fandi Dwiputra Suprianto, S.T., M.Sc. (Advisor 2); Philip Kristanto Tedjasaputra (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 02/0753/MES/2006; Louis Wijaya (24402048) VALVE INDUSTRY

Files