Perancangan dan pembuatan program aplikasi ensiklopedia hewan prasejarah berbasis multimedia

Latar belakang dari perancangan program aplikasi ini dikarenakan kurangnya
sumber pembelajaran yang menarik bagi anak-anak, dan yang memanfaatkan
teknologi informasi sebagai sebagai medianya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
tujuan dari perancangan program aplikasi ini adalah menciptakan suatu sumber
pembelajaran yang berbasis multimedia sehingga lebih menarik dan menambah
minat belajar khususnya pada anak-anak.
Tugas akhir ini dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman Delphi
6.0 dan Microsoft Access 2000 sebagai databasenya. Data-data tentang hewan
prasejarah(dinosaurus) sendiri didapat dari beberapa ensiklopedi tentang dinosaurus
yang sudah ada, baik elektronik maupun yang non elektronik. Untuk tampilan,
digunakan tampilan yang menggugah minat anak, baik dari gambar maupun
warnanya, sehingga menarik untuk digunakan
Program aplikasi ini dilengkapi dengan fasilitas pencarian data, gambar,
audio, video, kuis, dan game puzzle sederhana. Dengan fasilitas-fasilitas yang
dimiliki ini, menjadikan program aplikasi dapat digunakan sebagai sumber belajar
yang menarik dan bersifat edutainment.

SEITA ARLIANA TIPALAYAOW Ir. Djoni Haryadi Setiabudi, M.Eng. (Advisor 1); Silvia Rostianingsih (Advisor 2); Petrus Santoso, S.T., M.Sc. (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 02/0071/INF/2003; Seita Arliana (26498049) DATABASE DESIGN; PROGRAMMING (ELECTRONIC COMPUTERS); DATABASE MANAGEMENT

Files