Motif-motif yang mendorong khalayak untuk menonton acara Extravaganza di Trans TV

Berkaitan dengan perilaku menonton acara Extravaganza, tentulah didasarkan pada kebutuhan yang mendorongnya hingga sampai pada penggunaan sebuah isi media massa. Penggunaan isi sebuah media massa mendorong terciptanya 2 efek yaitu gratifikasi media atau kepuasan dan ketidakpuasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 faktor yang dipertimbangkan para responden penelitian dalam menonton acara Extravaganza yang disiarkan oleh Trans TV: diversion, interpersonal utility, dan relaxation. Secara urut masing-masing faktor tersebut mempunyai variabel: mengatasi kesepian, memperoleh kepercayaan diri, dan bersantai. Berdasarkan penelitian, mengatasi kesepian (diversion), merupakan motif yang sangat dominan yang membuat
mereka menonton acara Extravaganza yang disiarkan oleh Trans TV.

ROSITA KARTANEGARA Prida Ariani Ambar Astuti (Advisor 1); YULI NUGRAHENI (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No.20010098/KOM/2006; Rosita Kartanegara (51402018) MASS MEDIA; COMMUNICATION--SOCIAL ASPECTS

Files