Efektifitas pengajaran kosakata bahasa Tionghoa melalui permainan di kursus bahasa Tionghoa Elyon

Penggunaan bahasa Tionghoa sebagai bahasa kedua saat ini semakin
meningkat. Pada pengajaran bahasa Tionghoa khususnya pengajaran kosa kata,
salah satu cara yang dapat digunakan oleh pengajar bahasa Tionghoa adalah
dengan menggunakan metode permainan. Saat ini masih banyak pengajar bahasa
Tionghoa yang menggunakan metode pengajaran tradisional. Oleh sebab itu,
penulis melakukan penelitian mengenai efektifitas pengajaran kosakata bahasa
Tionghoa melalui permainan di kursus bahasa Tionghoa Elyon. Metode penelitian
yang digunakan ialah desain pengukuran berulang dengan penyajian data
menggunakan statistik deskriptif dan t-test. Subjek penelitian ini ialah siswa-siswi
kelas 3 dan pengajar bahasa Tionghoa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
metode pengajaran kosakata bahasa Tionghoa dengan permainan lebih efektif bagi
siswa dalam belajar bahasa Tionghoa. Dan metode pengajaran dengan permainan
ini juga dapat mengembangkan kreativitas bagi pengajar bahasa Tionghoa.

JEANEFER Liejanto Wijaya, S.T. (Advisor 1); Yifeng Wang (Advisor 2); Dra. Aylanda Hidayati Dwi Nugroho, MA., Ph.D. (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 03010149/CHI/2016; Jeanefer (12412011) CHINESE LANGUAGE-VOCABULARY-STUDY AND TEACHING; CHINESE LANGUAGE--STUDY AND TEACHING

Files