Penerapan metode kausal dalam peramalan penjualan pakan ayam broiler di PT. X

Peramalan penjualan pakan ayam pada PT. X saat ini hanya
menggunakan metode rata-rata bergerak dan mengandalkan intuisi dari pihak
marketing, sehingga PT. X merasa perlu membentuk metode peramalan baru yang
akurat dan tidak bergantung pada pengalaman peramal. Untuk itu akan dilakukan
peramalan penjualan dengan menggunakan metode kausal.
Peramalan metode kausal dilakukan dengan menemukan hubungan
antara penjualan dengan variabel-variabel yang mempengaruhi penjualan.
Variabel tersebut terlebih dahulu dikelompokkan menjadi beberapa faktor dengan
menggunakan analisa faktor. Hubungan antara faktor dengan penjualan akan
dimodelkan dengan menggunakan metode regresi Linier, Loglinier, Semilog,
First-order Autoregressive, Lagged Dependent Variable dan Polinomial.
Variabel yang paling mempengaruhi penjualan adalah kualitas produk
dan harga ayam hidup. Dari hasil peramalan penjualan secara umum terjadi
peningkatan penjualan untuk periode Juli - Desember 2003.

KURNIAWATI SASONGKO L; MELISSA I Nyoman Sutapa (Advisor 1); Jani Rahardjo (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 01/0709/IND/2003; Kurniawati S (25499002), Melissa (25499169) MARKETING RESEARCH-STATISTICAL METHODS

Files