Banyak orang berpikir bahwa krisis keuangan pada awal 1997 merupakn momentum bagi bangsa kita untuk melakukan reformasi dalam bidang ekonomi. Tetapi sampai hari ini masyarakat belum merasakan secara nyata perbaikan ekonomi seperti yang diharapkan. Bahkan, perjuangan masyarakat dalam bidang ekonomi semakin berat dengan adanya kenaikan baban bakar minyak, naiknya berbagai barang kebutuhan pokok, dan semakin sulitnya lapangan kerja. Harapan tinggal harapan, masyarakat menunggu apakaih ada sosok pahlawan ekonomi pada konteks masa kini yang mampu membawa masyarakat pada tingkat kehidupan yang lebih baik. Pahlawan Ekonomi adalah pelaku bisnis yang punya tanggung jawab sosial sehingga dapat memberdayakan masyarakat yang kurang beruntung agar mampu bangkit dari jurang kemiskinan. Pertanyaannya, seperti apa sosok pahlawan ekonomi? Apakah seseorang yang memiliki perusahaan besar, terkenal karena sering tampil di media masa, punya kedudukan sosial dalam masyarakat ataukah seorang yang berpenampilan sederhana tetapi memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat sekitarnya. Siapapun bisa menjadi pahlawan ekonomi asalkan sosok tersebut memiliki delapan kriteria yaitu, 1) Patriot. 2) Good Attitude. 3) Customer Benefit Maker. 4) Change Agent. 5) Innovator. 6) Social Maker. 7) Good Employer. 8) Responsible Tax Payer. Kata, Devie Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra.