Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor lingkungan internal dan eksternal serta merumuskan strategi bagi PT X di Surakarta yang bergerak di bidang industri tekstil batik. Analisa faktor lingkungan internal dengan menggunakan pendekatan Sumber daya. Sedangkan, analisa faktor lingkungan eksternal dengan menggunakan pendekatan Industri Analisis Fusi (penggabungan). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, perusahaan saat ini sudah memiliki inovasi motif produk yang bervariatif dan beragam. Hasil analisa menyatakan perusahaan perlu merumuskan langkah-langkah strategi yang tepat. Dalam hal ini strategi yang sesuai untuk PT X adalah startegi intensif, di mana dalam strategi intensif ini terbagi dalam strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan produk. Dalam strategi penetrasi pasar, PT X dapat mencari pangsa pasar yang lebih besar melalui usaha pemasaran yang lebih gencar. Sedangkan dalam strategi pengembangan produk, PT X dapat menaikkan penjualan perusahaan melalui pengembangan produk perusahaan yang baru.