Analisa tingkat kebisingan lalu lintas pada jalan tol ruas Waru-Sidoarjo

Kebisingan didefinisikan sebagai suara yang tidak dikehendaki
manusia. Sumber utama bising jalan tol adalah kendaraan berat (truk,
bus) dan kendaraan ringan (mobil penumpang).
Penelitian untuk memodelkan tingkat kebisingan akibat lalu lintas
pada jalan tol, dilakukan di jalan tol Surabaya-Gempol ruas Waru-Sidoarjo
dengan variabel jarak dan beberapa variabel lalu lintas lainnya
seperti volume, kecepatan, dan komposisi kendaraan.
Data dianalisa dengan metode analisa regresi bertahap. Model
matematis terbaik tingkat kebisingan lalu lintas di jalan tol Waru-Sidoarjo
disajikan dalam bentuk Logaritma. Dipilih dua model
persamaan yaitu persamaan regresi sederhana yang hanya mengandung
unsur jarak sebagai variabel yang mempengaruhi pengurangan
kebisingan, dan persamaan regresi berganda yang mengandung variabel-variabel
volume kendaraan berat arah Waru-Sidoarjo, volume kendaraan
ringan arah Sidoarjo-Waru, kecepatan kendaraan dua arah dan jarak dari
titik pengamatan ke jalan arah Sidoarjo-Waru.

NINI HANDAYANI; PAULINE SAWITRI Tirta Djusman Arief (Advisor 1); Rudy Setiawan (Advisor 2); Ir. Johanes Indrojono Suwono, M.Eng. (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 1198/SIP/2002; Nini Handayani (21495214), Pauline Sawitri (21496066) TRAFFIC ENGINEERING; URBAN TRANSPORTATION-RESEARCH; NOTTE CONTROL

Files