Penerapan analisis cost-volume-profit dalam menetapkan volume penjualan atas target laba CV. Timor Agung

Laba dipandang oleh perusahaan sebagai suatu ukuran kesuksesean
manajemen dalam mengelola perusahaan. Laba dipengaruhi oleh beberapa faktor
yaitu harga jual, biaya produksi, dan volume penjualan.
Analisis Cost-Volume-Profit ( CVP ) yang merupakan bagian dari Sistem
Informasi Akuntansi Manajemen dapat digunakan untuk menentukan volume
penjualan yang dapat mendukung target laba yang ingin dicapai karena analisis
CVP melibatkan harga jual, laba dan biaya. Selain itu, dengan analisis CVP pihak
manajemen perusahaan juga dapat mengetahui volume penjualan yang harus
terjual agar mencapai keadaan impas dan mengetahui produk mana yang
mendatangkan keuntungan terbesar dan terkecil. Oleh karena itu penulis
memberikan alternatif pemecahan masalah dengan menyarankan penerapan
analisis CVP.
Studi ini menunjukkan dengan penerapan analisis CVP, CV. Timor Agung
memperoleh informasi yang berguna dalam menentukan volume penjualan agar
target laba yang telah ditetapkan tercapai.

PRISCILLA SONBAIT Setyarini Santosa (Advisor 1); Imelda Rambu H. Ndjoeroemana (Advisor 2); Devie (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No.01010425/AKT/2005; Priscilla Sonbait (32400188) COST ACCOUNTING

Files