Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penerimaan terhadap Sistem Perdagangan On-Line (SPOL)

Sistem perdagangan online (SPOL) adalah salah satu bagian dari
teknologi informasi yang sering digunakan oleh dunia bisnis. Dalam penelitian ini,
penerimaan terhadap sistem perdagangan online (SPOL) menjadi inti
permasalahannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor faktor apa yang
mempengaruhi penerimaan sistem perdagangan online.
Penelitian ini menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM)
yang dikembangkan oleh Davis (1979). Faktor faktor yang diprediksi mempengaruhi
penerimaan teknologi informasi adalah persepsi kemudahan penggunaan (PEOU),
persepsi kegunaan (PU), sikap pengguna (ATT), intensi sikap (BI), penggunaan riil
(ACT). Alat uji statistik menggunakan SEM dengan bantuan perangkat lunak lisrel
8.30
Dari model yang dispesifikasikan, persamaan yang terbukti adalah
persepsi kemudahan penggunaan SPOL mempengaruhi persepsi kegunaan SPOL.
Sedangkan persepsi kegunaan SPOL tidak terbukti mempengaruhi sikap pengguna
SPOL, sikap pengguna dan persepsi kegunaan juga tidak mempengaruhi intensi sikap
pengguna SPOL, dan intensi sikap tidak mempengaruhi penggunaan riil oleh
pengguna SPOL

LIONDY WIJANARKO Juniarti (Advisor 1); Sri Maharsi (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No.03010437/AKT/2005; Liondy Wijanarko (32400060) MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS; MANAGERIAL ACCOUNTING

Files