Studi desain interior pada ruang kelas anak berkebutuhan khusus di Sacred Heart School Surabaya

Kondisi ruang kelas berpengaruh terhadap kelancaran proses
pembelajaran anak berkebutuhan khusus yang memiliki keterbatasan dalam
berbagai aspek, baik fisik maupun psikis karena mereka menggunakan ruang
kelas dalam waktu yang cukup lama. Maka dibutuhkan pengaturan desain interior
yang sesuai dengan kebutuhan bagi anak berkebutuhan khusus. Sacred Heart
School merupakan sekolah yang peserta didiknya mayoritas adalah anak
berkebutuhan khusus yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik
dan pembelajaran pengembangan perilaku yang meliputi aspek bahasa, sosialisasi
dan kemandirian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi desain interior
pada ruang kelas di Sacred Heart School Surabaya telah cukup sesuai ditinjau dari
persyaratan ideal ruang kelas bagi anak berkebutuhan khusus serta pendapat
pengguna ruang.

AMELIA GUNAWAN COK GEDE RAI PADMANABA (Advisor 1); Anik Rakhmawati (Advisor 2); Stephanus P. Honggowidjaja (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Perancangan Interior Perancangan Interior No. 00010829/DIN/2010; Amelia Gunawan (41406027) CHILD MENTAL HEALTH SERVICES--BUILDINGS--DECORATION; CHILD GUIDANCE CLINICS--DECORATION

Files