Tinjauan penerapan relationship marketing pada airlines "X" di Surabaya

Dalam era globalisasi ini banyak perusahaan jasa yang bersaing antara satu
dengan yang lainnya, mereka bersaing tidak hanya dalam hal harga, kualitas
produk, tetapi juga dalam service mereka. Airlines "X" merupakan salah satu
airlines yang cukup dikenal oleh masyarakat surabaya, walaupun baru berdiri
kurang lebih tujuh tahun namun airlines ini bisa bertahan di tengah perusahaan
airlines lainnya yang telah lama eksis. Untuk menghadapi persaingan dengan
airlines-airlines lain tersebut penulis melihat airlines "X" ini memiliki strategi-strategi
pemasaran yang digunakan sehingga tetap eksis dan kompetitif. Salah satu
strategi pemasaran yang dipakai oleh airlines "X" ini adalah strategi relationship
marketing yang tujuan utamanya adalah menjaga hubungan antara perusahaan
dengan karyawannya, pelanggannya dan agen-agen sebagai sumber koneksi.
Penulis menggunakan metode kualitatif dalam pengumpulan datanya yang
diperoleh dari studi pustaka, wawancara dengan pihak-pihak yang berwenang
pada perusahaan airlines "X" dan observasi pada saat penulis kerja praktek di
airlines "X". Dalam hal ini, strategi relationship marketing tersebut akan dianalisa
berdasarkan teori-teori tertentu dan hasilnya untuk meninjau bahwa airlines ''X"
tesebut telah menerapkan strategi relationship marketing.

HERU BUDIANTO; DAVID SAMUEL Foedjiawati (Advisor 1); Widjojo Suprapto (Advisor 2); INDRAYANI (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Diploma 3 Tugas Akhir Tugas Akhir No. 499/PAR/2003; Heru Budianto (91399039), David Samuel (91399088) TOURIST TRADE-SURABAYA; MARKETING-MANAGEMENT

Files