Badan usaha akan berusaha untuk menekan biaya produksi mereka, tetapi
harus tetap memperhatikan kualitas dari produk itu sendiri, sehingga kualitas dari
hasil produksi mereka tidak menurun. Hal ini didorong oleh adanya tuntutan
untuk dapat memenuhi keinginan konsumen yang ingin membeli suatu produk
dengan harga yang terjangkau dan memiliki kualitas yang baik. Setelah badan
usaha mampu untuk memenuhi keinginan konsumen, maka badan usaha tersebut
baru dapat dikatakan mampu bersaing dengan badan-badan usaha yang lain yang
bergerak di bidang yang sejenis. Faktor biaya dan kualitas produk dapat disebut
sebagai faktor yang memegang peranan penting dalam menunjang kesuksesan
pencapaian tujuan badan usaha.
Jenis penelitian skripsi ini adalah kausal inferesial, yang dilakukan pada
PT S.S. Utama di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
studi kasus. Penulis menetapkan biaya produk dan biaya kualitas sebagai variabel
bebas, sedangkan laba perusahaan sebagai variabel tidak bebas.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, terdapat pengaruh antara biaya
produksi dan biaya kualitas terhadap laba, yaitu sebesar 70,93% dan sisanya
sebesar 29,07% dipengarahi oleh faktor-faktor yang lain.