Pengunjung perpustakaan, khususnya yang masih awam dengan penataan
rak buku di perpustakaan, seringkali mengalami masalah dalam mencari rak
tempat sebuah buku diletakkan. Perangkat lunak jelajah perpustakaan tiga dimensi
ini dirancang untuk memberi bantuan visual kepada pengunjung, berupa simulasi
perjalanan hingga mencapai letak koleksi perpustakaan yang dicari.
Tampilan perpustakaan dibuat dengan menggunakan DirectX Graphics,
bagian dari DirectX 8.1, sedangkan pencarian rute penjelajahan menggunakan
algoritma Dijkstra.
Perangkat lunak yang dihasilkan memungkinkan pengguna untuk
mencari koleksi berdasarkan frasa tertentu pada data buku, kemudian ditampilkan
penjelajahan untuk mencari letak dari buku yang dipilih baik secara tiga dimensi
maupun dua dimensi.
Animasi penjelajahan relatif terhadap jumlah lemari dalam perpustakaan.
Perpustakaan dengan jumlah lemari yang lebih banyak akan memberikan animasi
yang kurang halus dibandingkan dengan perpustakaan yang jumlah lemarinya
lebih sedikit. Perangkat lunak Jelajah Perpustakaan Tiga Dimensi ini dapat
diaplikasikan untuk melengkapi fungsi pencarian di perpustakaan dengan
menggunakan resource komputer yang cukup besar.